KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

Apakah investasi akan terpengaruh hasil pilpres 2019?

Selasa, 8 Januari 2019 10:11 am
Logo Kementrian BUMN

Jawaban pertanyaan ini telah dilontarkan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo, Investasi akan terpengaruh pilpres 2019 selama tidak ada kepastian dari kebijakan (https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4374832/gubernur-bi-blak-blakan-efek-pemenang-pilpres-ke-ekonomi-2019) Pertanyaan ini jelas dan mendasar. Investor pasti akan bertanya-tanya apakah ada jaminan konsistensi kebijakan Jokowi tetap dijalankan seandainya lawan politiknya menang.

Dengan kemenangan lawan politik yang blm jelas dipahami oleh investor ke arah manakah target dan strategi pembangunan serta karakter pemerintahannya. Keraguan dan pertanyaan demikian ini tentu wajar dikemukaka.
Investor pasti akan mempelajari berbagai peluang, kendala, dan tantangan pemimpin baru (seandainya terpilih). Paling tidak satu tahun pertama masa-masa peralihan pemerintahan (seandainya memang lawan politik Jokowi yang menang). Belum lagi kalau terjadi perubahan kebijakan dan strategi pembangunan. Sudah menjadi rahasia umum kalau kalau terjadi perubahan kepemimpinan di Indonesia, baik kementerian atau lembaga atau gubernur apalagi presiden, maka akan terjadi perubahan kebijakan. Istilah para investor “kepastian hukum” maksudnya kebijakan yg sudah dituangkan dalam berbagai peraturan agar tidak berubah-ubah apabila ada perubahan pimpinan.

Sebenarnya banyak juga yg mengharap lawan Jokowi menang. Mereka berharap dapat masuk menggarap PSN – proyek strategis nasional yang sekarang ini diserahkan kepada BUMN. Maksud dan tujuan kebijakan Jokowi bahwa PSN digarap oleh BUMN adalah agar negara bisa mengendalikan baik dalam hal investasi; kepastian penyelesaian proyek maupun arus pendapatannya dicegah lari ke luar negeri. Porsi swasta basar nasional (banyak tdk terselesaikan atau mangkrak) dan juga porsi kontraktor dan investor asing pasti berkurang. Tidak mengherankan juga mereka berusaha tahun depan mengembalikan posisi pendapatan proyeknya dengan cara-cara dan berbagai usaha.

Cara paling aman agar investasi tetap lancar dan pembangunan tetap “on the track” adalah pemerintahan Jokowi tetap berlangsung.

Pembangunan SDM tahun 2019 dan ke depan telah dicanangkan untk mendukung kualitas SDM dan pembukaan lapangan kerja. SDM berkualitas yg efisien dan produktif serta profesional. Kewira usahaan yang kreatif dan inovatif berbasis kemajuan teknologi. Ini membutuhkan konsistensi kebijakan dan ketegasan sikap untuk tidak tunduk pada tekanan asing dan pencari rente lainnya.

Perlu kebijakan yang konsisten pada kemandirian dan kemajuan bangsa. Tentu kita tidal bisa mendukung yang lainnya yg belum jelas tujuan arah kebijakannya.

%d blogger menyukai ini: