KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

Bukan Daesang, 8 Prestasi EXO di Tahun 2018 Ini Tak Kalah Membanggakan

Rabu, 2 Januari 2019 12:03 am

Daesang adalah penghargaan utama dalam sebuah acara penghargaan musik, seperti Mnet Asian Music Award, Melon Music Awards dan masih banyak yang lain. Kategori ini terdiri dari “Album of The Year”, “Song of The Year” dan “Artist of The Year”. EXO yang baru saja saja comeback di quarter akhir 2018 sebabkan mereka tidak masuk nominasi.

Biasa membawa banyak piala usai penghargaan, tahun ini grup laki-laki asal Korea Selatan tersebut tidak lagi fokus pada hal-hal demikian. Seperti yang sering diungkapkan saat wawancara, tahun ini mereka ingin habiskan lebih banyak waktu dengan penggemar.

Meski tak peroleh daesang seperti tahun-tahun sebelumnya, ada banyak prestasi membanggakan yang telah EXO torehkan di tahun 2018. Penasaran apa aja? Cek satu per satu di ulasan berikut ini.

1. Masuk dalam “Guinness World Records” dengan predikat “Daesang Terbanyak”

EXO mulai mencatat sejarah di dunia KPop melalui perilisan lagu “Growl” pada tahun 2013. Penjualan yang fantastis mencapai lebih dari satu juta kopi. Prestasi tersebut terus berlanjut sampai ajang penghargaan Mnet Asia Music Awards (MAMA) pada 2016 lalu. Meraih gelar “Album of The Year” selama empat tahun berturut-turut, EXO pun masuk dalam “Guinness World Records” edisi 2018.

Ini adalah pencatatan rekor dunia tentang penghargaan dan fenomena ekstrim yang pernah ada. EXO berhasil cetak rekor dunia dengan meraih predikat “Daesang Terbanyak” di MAMA. Sebelum ‘absen’ grup beranggotakan 9 orang ini berhasil menyabet gelar yang sama. Disertai dengan suasana haru, album “THE WAR” mencetak sejarah baru setahun lalu.

2. “POWER” jadi lagu KPop pertama yang diputar di Dubai Fountain

Lagu “Power” yang mempunyai aliran EDM serta bertempo upbeat telah mencuri perhatian pemerintah Dubai. Merupakan lagu utama di album repackage “THE WAR : The Power of Music”, ini jadi lagu KPop pertama yang diputar pada pertunjukan Dubai Fountain, pertunjukan air mancur terbesar di dunia.

Tidak hanya itu, EXO juga diundang untuk menghadiri penayangan perdana lagu mereka pada 16 Januari lalu. Berangkat ke Dubai untuk menyaksikan pertunjukan secara langsung, seluruh anggota mengaku terpukau. 

3. Baekhyun menyanyikan lagu kebangsaan di Upacara Pembukaan Komite Olimpiade Internasional (IOC)

Ini bukan pertama kalinya. Pada tahun 2013, Baekhyun menyanyikan lagu kebangsaan Korea Selatan pada pertandingan persahabatan bidang sepakbola Korea vs Peru. Awal Februari lalu, ia kembali ditunjuk untuk memimpin menyanyikan lagu kebangsaan saat Upacara Pembukaan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Dengan penuh khidmat, ia menyanyikan lagu tersebut didampingi dengan sekelompok anak kecil yang kenakan baju tradisional berbagai negara. Tidak heran, suara pria kelahiran 1992 ini memang mudah menyesuaikan lagu dengan berbagai genre.

4. Tampilkan pertunjukan spesial di Upacara Penutupan Olimpiade Musim Dingin 2018

Ditunjuk jadi perwakilan Korea Selatan untuk kenalkan pertunjukan KPop, EXO tampil memukau di Upacara Penutupan Olimpiade Musim Dingin yang digelar di Pyeongchang pada 25 Februari lalu. Padukan tarian tradisional dan modern, Kai sempat menjadi sorotan saat menari kenakan hanbok, pakaian tradisional Korea.

Bawakan “Growl” dan “Power”, EXO sukses mencuri perhatian penonton dari berbagai belahan dunia. Disiarkan langsung di berbagai TV nasional mancanegara, penampilan mereka tuai pujian berisi kekaguman.

5. Pemerintah Korea berikan gelar “Nation’s Pick”

Konsistensi EXO dalam mengenalkan budaya Korea Selatan melalui KPop menarik perhatian pemerintah setempat. Punya fans yang tersebar di berbagai negara, mereka diakui sebagai representatif Korea.

Ditambah lagi dengan seringnya EXO berpartisipasi dalam kegiatan kenegaraan. Fakta tersebut membuat mereka mendapat gelar “Nation’s Pick”. Bukan dari penggemar, melainkan langsung diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan.

6. Duta Kehormatan di bidang pariwisata Korea Selatan

Korea Tourism Organization (KTO) merupakan organisasi di bawah Kementerian Pariwisata dan Budaya Korea Selatan. Tugasnya tidak jauh dari kedua bidang tersebut. Mempunyai tema “Imagine Your Korea”, pada Juni lalu EXO ditunjuk sebagai Duta Kehormatan untuk membantu mempromosikan Korea Selatan.

Tidak hanya di bidang budaya dan pariwisata, baru-baru ini mereka juga mengusung tema perdamaian. Melalui “Love for DMZ” mereka mengajak orang-orang untuk menyebar lebih banyak cinta dengan “Finger Heart”.

7. EXO-CBX ditunjuk Pemerintah Kota Seoul sebagai Safety Honorary Ambassador

Tidak hanya kelompok, sub-unit EXO CBX juga menuai prestasi. Bersama Yoona Girls Generation, mereka didapuk jadi Duta Keselamatan oleh Pemerintah Kota Seoul. Diakui memiliki penggemar yang loyal dalam jumlah banyak, diharapkan mereka dapat membantu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kelengkapan administrasi berkendara, termasuk pentingnya pemahaman keselamatan saat berkendara.

8. Cetak rekor penjualan album fisik tertinggi

Saat masyarakat beralih dari kepingan CD ke lagu digital, EXO-L tidak demikian. Mereka tetap memberikan antusias yang besar setiap kali EXO comeback. Perilisan album kelima “Don’t Mess Up My Tempo” pada November lalu adalah bukti dukungan penggemar yang tidak pernah berhenti.

Sebanyak lebih dari 1 juta kopi album fisik terjual. Ini membuat EXO menjadi grup KPop pertama yang berhasil menjual 10 juta kopi sejak awal debut. Hubungan yang kuat antara EXO dan EXO-L selalu berhasil membuat mereka mencetak sejarah baru.

Sumber : www.idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *