KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

China Pangkas Rasio Cadangan Bank dan Pajak

Jumat, 4 Januari 2019 7:12 pm
PM China Li Keqiang (Foto CNN Indonesia)

Perdana Menteri China Li Keqiang menegaskan pihaknya akan memangkas rasio persyaratan cadangan bank (reserve requirement ratio/RRR), pajak dan biaya. Kebijakan itu ditetapkan seiring perlambatan pertumbuhan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Sebelumnya, China memotong rasio cadangan sebanyak empat kali pada 2018. Pengurangan RRR lebih lanjut banyak diharapkan sejumlah pihak pada tahun ini.

Apa artinya ini.?

Reserve Requirement Ratio (RRR) adalah % cadangan wajib yg harus diendapkan baik di bank sentral maupun pada bank sendiri. Kalau RRR dilonggarkan dikurangi itu berarti kredit kepada perusahaan / nasabah diperbesar.

Mengapa terjadi. Terdapat kemungkinan penurunan eksport Cina mengganggu penerimaan dana perusahaan (menyusut). Akibatnya daya bayar kepada supplier dan juga keuangan internal perusahaan terganggu. Kalau tdk dibantu maka efek ke belakangnya besar yaitu kepercayaan supplier. Oleh karena itu perusahaan2 produsen diberikan kredit. Misal saja kredit export atau kredit produksi.

Menjaga perusahaannya tetap bisa bekerja. Lha kalau daya bayarnya menurun kan efek berantainya kan ke belakang (backward linkage). Itu besar – supplier perusahaan energy, transportasi kalau ditunda pembayarannya ka bisa klimpungan.

Artikel selengkapnya ada disini:

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190104125025-532-358463/china-pangkas-rasio-cadangan-bank-dan-pajak

%d blogger menyukai ini: