KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

JK : Industri Baja Nasional Kalah Saing Karena Teknologi

Kamis, 11 Juli 2019 4:47 pm
JK : Industri Baja Nasional Kalah Saing Karena Teknologi
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Proses produksi baja di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

WAKIL Presiden Jusuf Kalla menyebutkan salah satu yang membuat industri baja nasional kalah saing dengan produk baja asing khususnya Tiongkok adalah karena faktor efisiensi. Menurut JK penerapan teknologi terkini membuat perbedaan yang cukup besar khususnya dalam hal biaya produksinya.

“Bayangkan Indonesia bikin baja harganya 600 dolar per ton, tapi Tiongkok bikin 400 dolar per ton, kalau dia jual 500 dolar dia untung 100 dolar, kita rugi 100 karena krakatau steel teknologinya lama kalah dengan teknologi baru yang simple,” tutur Jusuf Kalla di Jakarta Kamis (11/7).

Hal tersebut menurut Jusuf Kalla juga memberikan pengaruh kepada harga baja secara umum sehingga menjadi lebih murah. Ia menyebutkan mau tidak mau harus diakui industri baja nasional harganya belum mampu bersaing.

Wapres menyebutkan pilihannya hanya dua, berubah jadi efisien atau mahal tetapi dilindungi. Namun proteksi produk nasional pada era keterbukaan perdagangan saat ii menurut Jusuf Kalla sulit dilakukan.

Oleh sebab itu Krakatau steel harus mengubah dirinya menjadi lebih efisien, dan pemerintah pun sebetulnya menginginkan industri yang efisien juga agar mampu bersaing di perdagangan global.

“Ini persoalan kita, yang mana kita pilih rakyat yang mau murah atau industri yang tidak efisien, pilihannya sulit memang, pemerintah tentu mengambil langkah agar industri lebih efisien,” tutur Jusuf Kalla. 

Dikutip dari mediaindonesia.com

https://mediaindonesia.com/read/detail/246426-jk-industri-baja-nasional-kalah-saing-karena-teknologi

%d blogger menyukai ini: