KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

Peneliti Mexico Membuat Plastik dari Kaktus

Sabtu, 17 Agustus 2019 12:03 pm
A worker collects white prickly pear in Zapopan, Mexico, on August 1
Guadalajara, Mexico ( Foto AFP)

Guadalajara (Mexico) (AFP) Kaktus berduri seperti yang terpampang di bendera Mexico, dapat segera memainkan peran baru dan inovatif dalam produksi plastik yang dapat di daur ulang.

Sandra Pascoe, seorang peneliti, sedang mengembangkan produk hasil kaktus untuk mengganti Plastik yang mencemari lingkungan. Dia bekerja di Universitas Lembah Atemajac di kota Guadalajara, Meksiko barat.

“Pulpnya tegang untuk mendapatkan jus yang kemudian saya gunakan,” kata Sandra Pascoe. Zat itu kemudian dicampur dengan aditif tidak beracun dan diregangkan untuk menghasilkan lembaran yang diwarnai dengan pigmen dan dilipat untuk membentuk berbagai jenis kemasan.

“Apa yang kami lakukan adalah mencoba berkonsentrasi pada objek yang tidak memiliki umur panjang, “katanya. “khususnya kemasan” sekali pakai”.

Pascoe masih melakukan tes, tetapi berharap untuk mematenkan produknya akhir tahun ini dan mencari mitra pada awal 2020, dengan target ke arah produksi skala yang lebih besar.

Kaktus yang digunakan Pascoe untuk eksperimennya banyak berasal dari San Esteban, sebuah kota kecil di pinggiran Guadalajara. San Esteban terletak di negara bagian Jalisco di mana, mulai tahun depan, kantong plastik sekali pakai, sedotan dan barang sekali pakai lainnya akan dilarang.

Dikutip dari france24.com

https://www.france24.com/en/20190807-could-mexico-cactus-solve-worlds-plastics-problem

%d blogger menyukai ini: