KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

Seluruh Rumah Menteri PUPR bakal Digusur Proyek Tol

Kamis, 16 Mei 2019 1:55 am
Foto: Rengga Sancaya
Foto: Rengga Sancaya

Jakarta – Proyek pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan dilanjutkan hingga kawasan Tambun, Bekasi Timur. Lokasi kediaman Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang terletak di dekat area pembangunan pun akan digusur.

Kediaman Basuki sendiri terletak di Perumahan Pengairan Rawa Semut, Bekasi Timur. Ia menerangkan, rumahnya berada di tengah dua proyek infrastruktur besar, yakni tol Becakayu dan tol Jakarta-Cikampek (Japek) elevated.

Jalur tol Becakayu sampai kawasan Tambun sendiri akan dibangun melewati saluran Kalimalang. Untuk konstruksi tol Becakayu akan menggunakan tepi saluran tol Japek Elevated. 

Sehingga, diperlukan jarak sepanjang 24,7 meter dari tepi saluran tol Japek Elevated ke saluran Kalimalang.

Sedangkan, rumah Basuki berjarak 15 meter dari saluran Kalimalang. Untuk itu diperlukannya penggusuran secara keseluruhan terhadap kediamannya.

“Rutenya itu lewat Kalimalang karena memang konstruksinya pakai pinggir saluran elevated. Yang dibutuhkan dari tepi tol ke right of way (row)nya itu 24,7 meter. Rumah saya dari saluran Kalimalang, pagarnya, cuma 15 meter. Jadi ya kena semua,” jelas Basuki usai menghadiri rapat koordinasi pemindahan ibu kota negara bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Rabu (15/5/2019).

Namun, sejauh ini Basuki belum mengetahui waktu penggusuran dan biaya ganti rugi dari pemerintah atas rumahnya.

“Belum tahu, baru sosialisasi mereka,” kata Basuki.

Dikutip dari detik.com.

https://finance.detik.com/properti/d-4550794/seluruh-rumah-menteri-pupr-bakal-digusur-proyek-tol

%d blogger menyukai ini: