KRANJINGAN.COM

TETEP SEMANGAT & GEMBIRA

Walau Harus “Graduate”, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Selasa, 1 Januari 2019 9:28 pm

7 Agustus 2017 jadi hari bersejarah bagi para Wannable (sebutan untuk fans Wanna One). Saat itu Wanna One debut setelah 11 membernya terpilih dari reality show Produce 101 season 2.

Tak terasa satu setengah tahun sudah boyband yang digawangi Daniel dan kawan-kawan ini berkiprah di belantika musik Korea Selatan. Walau berhasil mencetak banyak prestasi, namun mau tidak mau boyband ini harus bubar alias lulus per 31 Desember 2018.

Meski begitu popularitas Wanna One sangat luar biasa. Bahkan mencapai taraf internasional dan melampaui beberapa idola lain yang lebih senior. Pencapaian mereka patut disebut legendaris. Kurang lebih inilah 10 kualitas yang membuat Wanna One bisa begitu tenar dalam waktu begitu singkat.

1. Fanbase sudah terbangun kuat bahkan sejak masih jadi trainee di Produce 101

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Keuntungan dari terbentuk melalui ajang pencarian bakat adalah eksposure dini terhadap setiap member. Bahkan sejak mereka masih jadi trainee Produce 101 pun masyarakat sudah mengenal sosok para calon anggota. Tak banyak grup idol yang punya privilege seperti ini di dunia KPop.

Akhirnya sebelum debut pun Wanna One telah memiliki fanbase yang kokoh dan setia. Mereka juga tak perlu waktu lama untuk dikenal oleh khalayak ramai.

2. Terbentuk dari 11 pemuda dengan bakat dan spesialisasi beragam

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Kekompakan sering jadi konsep utama bagi para grup idol Korea. Sinkron, seragam, bak suatu pasukan; ciri-ciri ini kerap ditemukan dalam sejumlah boy group KPop.

Bukan berarti Wanna One tak kompak, namun grup ini berani merangkul berbagai kualitas yang sangat beragam dari setiap membernya. Alih-alih berantakan, kebhinekaan ini malah membuat citra mereka lebih dinamis.

Contohnya ada sejumlah member yang lemah dalam menyanyi namun lihai dalam dance atau modeling, dan begitu pula sebaliknya. Sifat saling mengisi ini membuat Wanna One jadi terlihat lengkap dan istimewa.

3. Tidak bisa bohong, setiap member juga diberkati paras yang aduhai

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Kesebelas member boy group binaan Swings Entertainment ini tentu saja sejuk dipandang mata. Namanya juga idola, penampilan menawan jadi salah satu modal dasar mereka.

Mulai dari Kang Daniel hingga Ha Sungwoon terpilih melalui hasil voting tertinggi dari para penonton di seluruh Korea Selatan. Jelas saja selain bakat dan karakter unik, secara garis besar paras kesebelas cowok ganteng ini dianggap paling memesona.

Sama seperti bakat yang beragam tadi, daya tarik dan vibe tiap member pun beraneka macam. Ada yang maskulin, innocent, atau flower boy. Tergantung preferensi fans.

4. Masih seumur jagung namun grup dan member Wanna One punya “brand reputation” yang bagus

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Apalah artinya popularitas tanpa prospek bisnis yang jelas. Publik figur terkenal belum tentu membawa input baik bagi sebuah brand. Ini kembali jadi salah satu faktor yang membuat Wanna One istimewa.

Institut Riset Bisnis Korea secara rutin melakukan penelitian tentang brand reputation para idola Kpop. Hasilnya, para member Wanna One selalu ada di posisi 30 besar. Yang paling mengejutkan, Kang Daniel sang juara satu juga memimpin dalam data penelitian ini. Per Agustus 2018 ia telah bertengger di sana selama 13 bulan, mengalahkan banyak sunbae lainnya. Secara keseluruhan center Wanna One ini telah mendapat predikat nomor satu sebanyak 15 bulan!

Selain Kang Daniel, para member lain pun menyusul dalam ranking tersebut. Tak heran jika tawaran iklan dan endorsement mengalir deras bagi Daniel dan kawan-kawannya. Semakin banyak diminta mewakili suatu brand, semakin populer pula sebelas cowok unyu ini.

5. Lagu-lagu yang dirilis easy listening banget

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Sejak debutnya hingga sekarang, hampir semua single Wanna One merajai tangga lagu Korea Selatan. Panggung comeback-nya kerap merebut piala di berbagai program music show.

Musik Wanna One memang easy listening dan mengikuti selera zaman. Electronic dance pop dengan chorus repetitif yang melodis, sukses memahat gema yang membekas dalam benak pendengar.

Tak perlu jadi Wannable untuk menggumamkan “Wing wing wing wing, boomerang” atau “You make me feel so high” tanpa sadar setelah mendengar tembang mereka.

6. Jarak antar setiap comeback konsisten dan tak terlalu lama

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Terlalu sering comeback, fans akan jenuh dan bosan. Terlalu lama? Fans akan melupakanmu.

Karena umur Wanna One telah dirancang hanya selama 1,5 tahun, otomatis strategi perilisan karya mereka telah terancang dengan baik. Hasilnya adalah waktu comeback yang konsisten dan pas.

Fans jadi tidak punya waktu untuk lupa dan melirik grup idol lainnya. Fokus dan perhatian mereka selalu tercurahkan untuk Wanna One. Tak heran apabila fandom mereka terus bertumbuh subur setiap harinya.

7. Kesebelasan yang terkenal humoris dan jago menghibur

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Zaman sekarang, tampan dan berbakat saja tidak cukup. Persona menarik juga diperlukan. Humoris, unik, atau yang akrab disebut 4D personality biasanya dapat membuat citra seorang publik figur meroket.

Beruntung bekal ini sepertinya dimiliki sebagian besar member Wanna One. Mereka sangat natural dalam meramaikan berbagai acara televisi. Mulai dari talkshow hingga reality tv, selalu mengundang reaksi puas dari para pemirsa.

8. Wanna One dermawan dalam hal fanservice

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Bagi para penggemar garis keras tentu hal ini punya poin besar. Wanna One terkenal tak tanggung-tanggung dalam hal fanservice.

Entah itu saat meet and greet, atau signing event, showcase atau konser tunggal, Ong Seongwoo dan rekan-rekannya selalu total dalam menghibur hati fans mereka.

Mulai dari menuruti permintaan fans, hingga menunjukkan gestur menggemaskan antar para member dilakukan dengan ikhlas dan sukses bikin para fans menjerit hingga kehabisan nafas.

9. Chemistry yang baik antara para anggota juga bikin baper

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Terbentuk dari ajang survival yang mempererat ikatan antar para member membuat chemistry di antara mereka terbangun apik. Mereka bagaikan saudara alih-alih rekan kerja semata. Rasa setia kawan dan korsa terbangun bagi Kang Daniel dan kawan-kawan.

Walau hanya akan terbentuk sesaat, namun chemistry para member terjalin begitu baik. Bromance antar para anggota ini kerap membuat penggemar kagum dan semakin mendukung mereka.

Ada banyak boy group yang menjual konsep “sangat akrab, lebih dari rekan kerja” seperti ini di luar sana. Namun tak semuanya sukses tampil natural dan membuat fans baper seperti pada Wanna One.

10. Penuh dedikasi, tulus, dan teladan yang baik bikin banyak orang menangisi bubarnya Wanna One

Walau Harus Graduate, 10 Kualitas Ini Buat Wanna One Sukses Keras

Berbeda dengan tren idol KPop biasanya, penggemar Wanna One tak terbatas pada remaja dan muda-mudi belaka. Banyak fans dari golongan dewasa bahkan orang tua yang mendukung kemajuan Ha Sungwoon dan teman-temannya ini. 

Ini karena para member menunjukkan kualitas sebagai anak muda teladan. Mereka semua pekerja keras yang menunjukkan kemajuan pesat dalam waktu singkat. Para member Wanna One juga selalu tampil sopan, tulus, dan berjiwa sosial. Pantas jadi teladan bagi para penggemarnya. Tak hanya masyarakat biasa, banyak juga lho selebriti yang ngefans kepada mereka!

Kurang lebih itu sejumlah faktor yang buat nama Wanna One begitu signifikan dalam waktu singkat. Baru berusia satu setengah, namun pamor mereka sudah setingkat beberapa boyband kelas A yang telah lebih dulu debut.

31 Desember 2018 jadi hari memilukan bagi sebagian besar para penggemar Wanna One. Tetapi juga jadi lembaran baru bagi para member dalam meraih kesuksesan mereka berikutnya. Fans yang baik tentu akan mendukung penuh segala keputusan terbaik bagi idola mereka, bukan? Terima kasih Wanna One. Perpisahan ini bukanlah akhir dan nama kalian telah terukir dalam sejarah industri KPop. Sukses terus ya semuanya!

Sumber : www.idntimes.com

%d blogger menyukai ini: